Orang-orang yang Dijamin Masuk Surga


Forsipnews (02/01) –  
Surga adalah tempat penuh kenikmatan yang dijanjikan Allah bagi orang-orang yang beriman. Oleh karenanya wajar kalau setiap muslim mendambakan untuk masuk surga di akhirat kelak.
Rasulullah SAW sudah menggambarkan beberapa ciri orang yang dijamin masuk surga oleh Allah SWT. Diantara ciri-cirinya adalah:
1. Salam, Sedekah dan  Silaturahmi
Rasulullah bersabda “Wahai manusia, terbarkanlah salam, berikanlah makan (sedekah), sambunglah hubungan silaturahmi dan shalatlah diwaktu malam, niscara kalian masuk surga dengan selamat (HR Tirmidzi)
2. Memudahkan Orang Lain
Orang yang memudahkan orang lain baik dalam hal hal utang piutang maupun jual beli dijamin masuk surga. Rasulullah bersabda “ Sesungguhnya seorang lelaki masuk surga. Ketika ditanya dia menjawab “aku berjual beli dengan manusia lalu aku memberi tempo kepada orang-orang yang dalam kesulitan dan mempermudah urusan dalam pembayaran...(HR. Muslim).
3. Berjihad
Berjihad dijalan Allah dengan pikiran, harta dan jiwa mendapatkan jaminan masuk surga sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya: “.....mereka berjihad dengan harta dan diri mereka, dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan, dan mereka itulah orang- orang yang beruntung. Allah telah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal didalamnya. Itulah kemenangan yang besar” (QS. At Taubah: 88-89).
4. Menahan Amarah
Al ghadhab atau amarah merupakan sifat yang sangat berbahaya karena selain menghancurkan diri sendiri juga bisa meretakan hubungan dengan orang lain. Seseorang yang mampu menahan amarahnya akan mendapatkan nilai keutamaan dimata Allah SWT sebagaimana hadits Rasulullah “Janganlah engkau marah dan surga bagimu!” (HR Ibn Abid Dunya dan Thabrani).
5.  Ikhlas  Ketika Ditinggal Orang Tercinta
Barangsiapa yang mengikhlaskan hati ketika ia ditinggal orang-orang tercinta seperti suami, istri, anak atau orang tua, maka Allah menjamin dia masuk surga. Sebagaimana dikatakan Rasulullah dalam Hadits Qudsi “Tidak ada pembalasan bagi seorang hamba-Ku yang percaya jika Aku mengambil kekasihnya didunia, kemudian ia ridho dan berserah kepada-Ku, melainkan surga” (HR Bukhari)
6. Hakim/Pemimpin yang Adil
Seorang hakim atau pemimpin yang memberi keputusan dengan adil dan benar adalah orang yang dijamin masuk surga. Sebagaiman sabda Rasulullah “...orang yang mengetahui yang benar lalu memutuskan dengannya, maka dia disurga....” (HR Abu Daud, Tirmidzi).
Sudahkah kita memiliki salah satu ciri diatas? Kalau sudah, mari kita berdoa agar kita menjadi salah satu dari mereka yang dijamin Allah untuk masuk surga. Amin. (-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar